Mengenal gelar syaikhul Islam (1)

Kata syaikul islam terdiri dari kata syaikh (ar=orang tua) dan islam. Secara bahasa, Syaikhul islam berarti orang yang di anggap tua karena pengetahuannya tentang Islam. Dalam pengertian istilah, Syaikhul Islam adalah suatu sebutan atau gelar kehormatan bagi figur atau tokoh ilmuwan agama Islam, yang meliputi fikih, tafsir, dan tasawuf.
Dalam catatan sejarah, sebutan Syaikhul Islam digunakan pada mulanya pada pertengahan abad ke-4 H. Gelar kehormatan ini diberikan kepada ulama fikih dan tasawuf. Ibnu khaldun misalnya, pernah memberikan gelar Syaikhul Islam atau Syaikh Al-fitya (orang yang berhak mengeluarkan fatwa) kepada Asad al-Furat at-Tunisi seorang ulama fikih. Namun dalam perkembangan selanjutnya sebutan Syaikhul Islam lebih populer. Pada abad ke-5 H, seorang teolog bermadzhab syafi'i di khurasan (Iran), Ismail bin Abdur Rohman, dan seorang sufi Abu Ismail Abdullah bin Muhammad Al Anshori al Harawi (396H/1006M-481H/1089M) oleh kaum suni digelari Syaikhul Islam. Pada Abad ke-9 Fakhrudin ar-Razi, seorang mufasir dan ahli usul mendapat gelar syaikhul islam. Berikutnya seorang sufi dari Ardabel (Iran), Syekh Safiuddin Ardabeli (1252-1334), dan Abu al-Wafa' al-Ganimi at-Taftazani juga mendapat sebutan Syaikhul Islam

bersambung
Share on Google Plus

About admin

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Post a Comment